Dua Pasal Menjerat Calon Tersangka Amblesnya Jalan Gubeng Surabaya

0
85
Kondisi Jalan Gubeng Surabaya Yang Ambles.
Kondisi Jalan Gubeng Surabaya yang ambles (foto:ist).

SURABAYA. Amblesnya Jalan Raya Gubeng Surabaya dipastikan bukan lantaran faktor alam. Jerat hukum pidana sudah disiapkan polisi untuk menyerat para pelaku yang dianggap bertanggung jawab atas insiden menghebohkan itu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, mengatakan bahwa tim investigasi sudah menaikkan status kasus insiden amblesnya jalan di Raya Gubeng Surabaya dari penyelidikan ke penyidikan. Ditemukan bukti adanya unsur pidana.

“Setelah memeriksa 35 saksi dan dua (meminta pendapat) dua saksi ahli, kami memastikan bahwa ini adalah pidana dan kami pastikan ada tersangkanya,” kata Barung di Markas Polda Jatim Jalan A Yani Surabaya pada Jumat sore, 21 Desember 2018.

Dijelaskan Barung, Dua pasal diterapkan penyidik dalam kasus itu, yakni Pasal 192 dan 194 Kitab Undang-undang Hukum Pidana. Dua pasal itu pada intinya menerangkan perbuatan individu atau kelompok yang dengan sengaja menyebabkan kerusakan bangunan lalu lintas umum serta membahayakan. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara.

Status kasus naik ke tingkat penyidikan, lanjut Barung, setelah polisi mengumpulkan keterangan dari ke-35 saksi, di antaranya pihak dari kontraktor proyek basement di sisi kiri jalan yang ambles, yakni PT Nusa Konstruksi Enjiniring, dua ahli saksi.

Alat bukti lain juga dikantongi. Hasilnya, bukti permulaan adanya unsur pidana terpenuhi. “Kami ulangi, kami pastikan ada pidananya dan ada tersangkanya,” tandas Barung.

Seperti diketahui, jalan di Raya Gubeng mendadak ambles pada Selasa malam, 18 Desember 2018, sekitar pukul 21.45 WIB. Titik amblesan segaris dengan kegiatan proyek basement atau parkir bawah tanah di sisi kiri jalan yang dikerjakan oleh PT Nusa Konstruksi Enjiniring.

Insiden itu menyebabkan lubang besar sedalam kira-kira 20 meter dan menyedot seluruh badan jalan di Raya Gubeng. Akibatnya, jalur lalu lintas Raya Gubeng terputus. (tom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here