Mengiris Hati! Kisah Tuti, TKI yang Dieksekusi Mati di Arab Saudi

0
49
Tuti
Tuti Tursilawati semasa hidup.

Di sela musibah jatuhnya pesawat Lion JT 610, datang kabar buruk lainnya tentang seorang perempuan bernama Tuti Tursilawati. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Majalengka, Jawa Barat itu dieksekusi mati di Arab Saudi, Senin, 29 Oktober 2018.

Hukuman mati harus diterima Tuti setelah dinyatakan bersalah pada persidangan Juni 2011 karena melakukan pembunuhan pada majikannya Suud Mulhaq Al Utaibi. Meski sebenarnya, Tuti nekat membunuh karena membela diri dan tak tahan menjadi budak seks.

Berdasarkan laman Migran Care, Tuti Tursilawati bekerja sebagai penjaga lansia pada sebuah keluarga di Kota Thaif. Di sana, ia bekerja selama 8 bulan dengan sisa gaji tak dibayar 6 bulan.

Setelah membunuh korban, Tuti Tursilawati kabur ke Mekkah dengan membawa kabur perhiasan dan uang 31.500 riyal Arab Saudi milik majikannya. Nahas, dalam perjalanannya ke Mekkah, Tuti Tursilawati diperkosa 9 pemuda Arab Saudi.

Usai memperkosa Tuti Tursilawati, para pelaku tega merampas perhiasan dan uang yang dibawa korbannya. Sembilan pemuda itu telah ditangkap dan dihukum hanya 9 bulan..!!!

Selama proses investigasi, Tuti Tursilawati mengakui pembunuhan majikannya. Alasannya, sering mendapatkan pelecehan seksual dan kekerasan. Pembunuhan yang terjadi adalah pembelaan diri.

Permohonan peninjauan kembali terhadap kasus Tuti Tursilawati sempat dikabulkan oleh pengadilan di Arab Saudi. Pemerintah mengupayakan pembebasan terhadap Tuti Tursilawati, namun menjadi tak berarti setelah Tuti sudah dieksekusi mati karena tak mendapatkan maaf dari ahli waris korban.

Tuti bukan TKI pertama yang dieksekusi mati di Arab Saudi. Tercatat sudah ada tiga TKI yang juga dieksekusi mati. Yaitu Zaini Misrin (Bangkalan) pada Maret 2018 lalu. Dua lagi dieksekusi mati pada 2015, Siti Zaenab (Bangkalan) dan Karni Binti Merdi Tasim, TKI asal Brebes. (tom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here